*** S E L A M A T D A T A N G ***

Cara Install file .APK dari Emulator ke Android

ANDROID merupakan sistem operasi ponsel yang open source, hal ini menarik minat para IT untuk ikut serta mengembangkan berbagai aplikasi sesuai kebutuhan mereka, baik untuk kepentingan tugas akhir kuliah maupun untuk aplikasi penunjang perusahaan tempat mereka bekerja.

Nah...kali ini, saya akan memberikan trik untuk menginstall aplikasi yang sudah kita buat pada eclipse dan sudah di uji coba pada emulator. Tentunya kita juga ingin mencobanya langsung pada ponsel Android. Berikut langkah-langkahnya :

1. Klik kanan pada nama project (misalnya : KonversiMataUang), perhatikan gambar dibawah :

2. Kemudian klik Next, seperti gambar dibawah :

3. Langkah berikutnya, kita diminta untuk membuat file keystore, pilih Create new keystore, isi tiap kolom lalu Next :

4. Selanjutnya, kita diminta untuk mengisi form key yang fungsinya untuk memberikan identitas pada aplikasi bahwa aplikasi ini dibuat oleh kita, perhatikan gambar dibawah :

5. Terakhir, kita diminta untuk menentukan folder tempat kita akan menyimpan file apk, dan memberika nama file apk tersebut (misalnya : KonversiMataUang.apk). Perhatikan gambar dibawah ini :

Setelah semua langkah-langkah diatas dilakukan tekan tombol Finish. Lalu buka folder tempat kita menyimpan file .Apk tersebut, kemudian file tersebut dapat kita masukkan ke ponsel Android dan install file tersebut dengan menggunakan aplikasi APK Installer (dapat ditemukan di Android Market). Selamat mencoba, kalo agan-agan masih belum ngerti bisa comment di post ini, ntar gue bantu.... :)

3 komentar:

  1. Malam gan..
    terus bagaimana kalau seandainya kita buka kembali file apk tadi kedalam eclipse.
    mohon informasi?
    terima kasih

    BalasHapus
  2. Kalau sudah kita simpan, file yang asli tidak hilang.. jadi kalau mau di edit, edit saja file yang tadi. biasanya tersimpan di folder workspace... semoga membantu ya gan,,, :)

    BalasHapus
  3. gan, apa itu berlaku juga untuk aplikasi yang menggunakan database sqlite??

    BalasHapus