*** S E L A M A T D A T A N G ***

L A R I K


Larik Satu Dimensi


Sebuah peubah atau tetapan hanya menyimpan sebuah nilai dari tipe tertentu. Seringkali kita perlu mengolah sekumpulan data yang bertipe sama, misalnya hasil ujian 100 orang mahasiswa, tabel harga barang dipasar swalayan, daftar kode wilayah dalam percakapan interlokal, dan sebagainya. Bila kumpulan data disimpan secara beruntun di dalam memori, maka tiap elemen data dapat diacu dengan menggunakan indeks. Indeks menyatakan posisi data relatif di dalam kumpulannya. Strunktur penyimpanan data seperti ini dinamakan larik (array). Nama lain larik adalah tabel, vektor, atau peubah majemuk.

Larik adalah struktur data yang menyimpan sekumpulan elemen yang bertipe sama, setiap elemen diakses langsung melalui indeksnya. Indeks larik haruslah tipe data yang menyatakan keterurutan, misalnya integer atau karakter.

Larik A dengan 8 buah elemen dapat dibayangkan secara logic sebagai kotak yang terurut dengan tiap kotak dari larik diberi indeks 1, 2, 3, ..., 8. Tiap elemen larik ditulis dengan notasi:

A[1], A[2], A[3], A[4], A[5], A[6], A[7], A[8].

Angka di dalam kurung siku menyatakan indeks larik.

Setiap elemen larik menyimpan sebuah nilai. Karena seluruh elemen larik bertipe sama, maka nilai yang disimpan oleh setiap elemen juga harus bertipe sama. Gambar diatas memperlihatkan larik A yang setiap elemennya berisi nilai 8 orang siswa. Nilai siswa pertama disimpan di dalam A[1], nilai siswa kedua disimpan di dalam A[2], demikian seterusnya.

Larik adalah struktur yang statik, artinya jumlah elemen larik harus sudah diketahui sebelum program dieksekusi. Jumlah elemen matriks tidak d, dapat diubah, ditambah atau dikurangi selama pelaksanaan program. Mendefinisikan larik di dalam bagian deklarasi artinya mendefinisikan banyaknya elemen larik, dan mendefinisikan tipe elemen larik.

Mendefinisikan banyaknya elemen larik berarti memesan sejumlah tempat di memori, sehingga memori akan mengalokasikan sejumlah lokasi memori sebanyak elemen larik yang bersangkutan. Tiap elemen larik dapat berupa tipe sederhana (integer, real, char, boolean, string), tipe terstruktur (tipe bentukan seperti rekaman), atau bahkan bertipe larik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar