*** S E L A M A T D A T A N G ***

Struktur If - Then - Else

SATU KASUS

Jika Golongan = III maka
GajiPokok = 800.000

Pernyataan diatas dapat ditulis dalam struktur umum :

if kondisi then
aksi
endif

if Golongan = III then
GajiPokok = 800.000
endif

Dalam bahasa Indonesia, if berarti jika dan then berarti maka. Kondisi adalah persyaratan yang dapat bernilai benar atau salah. Aksi hanya akan dilaksanakan jika kondisi bernilai benar. Sebaliknya, jika kondisi bernilai salah, maka aksi tidak akan dilaksanakan.


Kasus 1. Dibaca sebuah bilangan bulat dari keyboard. Tuliskan algoritma untuk mencetak pesan "bilangan genap" jika bilangan tersebut adalah genap. Bilangan genap adalah bilangan yang habis dibagi 2 (sisa = 0).



DUA KASUS

Kondisi if-then hanya memberikan satu pilihan aksi bila kondisi dipenuhi atau bernilai benar, dan tidak memberikan pilihan aksi lain jika kondisi bernilai salah. Berikut adalah kondisi if then else, yang memberi pilihan aksi lain jika kondisi bernilai salah.

if Kondisi then
Aksi 1
else
Aksi 2
Endif

Else artinya kalau tidak. Jika kondisi bernilai benar, maka aksi 1 akan dikerjakan, tetapi kalau tidak, aksi 2 yang akan dilaksanakan. Misal pada pernyataan berikut:

if Golongan = III then
GajiPokok = 800.000
Else
GajiPokok = 900.000
Endif

Kasus 2. Dibaca dua buah bilangan bulat dari peranti masukan. Tentukan dari kedua bilangan yang terbesar. Misalkan kedua bilangan tersebut adalah A dan B



Kasus 3. Karyawan honorer di PT "ABC" digaji berdasarkan jumlah jam kerjanya selama satu minggu. Upah per jam adalah Rp. 7.000,-. Jika jam kerja lebih besar dari 48 jam, maka sisanya dianggap sebagai jam lembur. Upah lembur adalah Rp. 10.000,-. Dibaca jumlah jam kerja seorang karyawan, tentukan upah mingguannya.

Penyelesaian:

Misalkan jumlah jam kerja (JJK)

Berikut algoritma yang bisa dibuat dari kasus diatas

TIGA KASUS atau LEBIH

Apabila pilihan aksi yang dilakukan lebih dari dua buah, maka struktur pemilihan menjadi lebih rumit, dinamakan pemilihan bersarang.

if Golongan = III then
GajiPokok = 800.000
Else
if Golongan = IV then
GajiPokok = 900.000
Else
GajiPokok = 1.000.000
Endif
End

Bentuk umum dari pemilihan diatas adalah sebagai berikut :

Tiga kasus :

if (Kondisi 1) then
Aksi 1
Else
if (Kondisi 2) then
Aksi 2

Else
if (Kondisi 3) then
Aksi 3
Endif
Endif

Endif


Kasus 4. Misalkan karyawan PT."ABC" dikelompokkan berdasarkan golongannya. Upah per jam tiap karyawan bergantung pada golongannya. Ketentuannya adalah sebagai berikut :


Jumlah jam kerja yang normal selama seminggu adalah 48 jam. Kelebihan jam kerja dianggap lembur dengan upah lembur adalah Rp. 3000/jam untuk semua golongan karyawan. Buat algoritma untuk masalah diatas!

Penyelesaian :



Pascal :



Pascal :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar