*** S E L A M A T D A T A N G ***

PROSEDUR DAN FUNGSI

Modularisasi Program
Dalam aktivitas yang sebenarnya, pembuatan sistem akan melibatkan program yang besar dan rumit. Sehingga pemrograman terkadang perlu untuk memecah program menjadi beberapa sub program yang lebih kecil dan sederhana. Sub program yang telah dibuat dapat dipanggil pada program utama pada saat dibutuhkan. Teknik pemrograman yang memecah program menjadi beberapa sub program dan memanggilnya pada saat dibutuhkan dinamakan teknik pemrograman modular. Sub program yang dibuat dapat berupa prosedur ataupun fungsi. Pemilihan apakah suatu subprogram adalah prosedur atau fungsi akan dibahas selanjutnya.
Ada 2 keuntungan modularisasi program ini, yakni (1) untuk aktivitas yang dilakukan berulang-ulang, modularisasi menghindari penulisan teks program yang sama berulang-ulang, (2) kemudahan dalam menuliskan dan menemukan kesalahan dalam program.

Prosedur
Prosedur adalah modul program yang mengerjakan tugas/aktivitas
yang spesifik dan menghasilkan suatu efek netto. Suatu efek netto diketahui dengan membandingkan keadaan awal dan keadaan akhir pada pelaksanaan sebuah prosedur.
Struktur dasar prosedur adalah bagian judul (header) yang terdiri atas nama prosedur dan komentar yang menjelaskan spesifikasi prosedur tersebut, bagian deklarasi, dan bagian deskripsi. Notasi algoritmik yang digunakan untuk mendefinisikan struktur prosedur adalah :


Kasus 1. Buat prosedur untuk menentukan rata-rata dari N bilangan. Lalu panggil dalam algoritma Rerata. Penyelesaian:




Fungsi
Adalah modul program yang memberikan/mengembalikan (return) sebuah nilai yang bertipe sederhana (integer, real, boolean, dan string).

Notasi algoritmik fungsi adalah :



Tipe hasil menspesifikasikan tipe nilai yang diberikan oleh fungsi :


Algoritma pemanggil :


Kasus 1.
Karyawan honorer di PT."ABC" digaji berdasarkan jumlah jam kerjanya selama satu minggu. Upah per jam adalah Rp. 7.000,-. Jika jam kerja lebih besar dari 48 jam, maka sisanya dianggap sebagai jam lembur. Upah lembur adalah Rp. 10.000,-. Dibaca jumlah jam kerja seorang karyawan, tentukan upah mingguannya.

Penyelesaian
Misalkan jumlah jam kerja (JJK)

Jika JJK < upah =" JJK"> 48 jam, Upah = (48 x 7.000) + (JJK - 48) x 10.000

Versi 1


Versi 2


Algoritma Pemanggil

Fungsi

Algoritma Pemanggil


Fungsi


Fungsi


Fungsi


Fungsi


Algoritma Pemanggil :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar