*** S E L A M A T D A T A N G ***

A. Latar Belakang Usaha Bengkel Motor

Semakin lama jumlah kendaraan bermotor terus bertambah. Hal ini disebabkan karena meningkatnya kebutuhan masyarakat akan kendaraan sebagai sarana transportasi. Kendaraan tersebut pastilah membutuhkan suatu perawatan berkala demi memperoleh performa yang maksimal. Sedangkan masyarakat Indonesia terutama di propinsi Sumatera Selatan dan khususnya di kota Palembang masyarakatnya jarang yang mempunyai kemampuan untuk merawat kendaraan bermotor (service atau perbaikan). Selain itu masyarakat Palembang juga banyak disibukkan dengan kegiatan sehari-hari, sehingga tidak dapat merawat kendaraan bermotor sendiri. Sehingga masyarakat Palembang sangat membutuhkan jasa bengkel motor untuk merawat kendaraan bermotor yang dimiliki. Banyaknya jumlah kendaraan bermotor di kota Palembang juga membuat para pengusaha jasa bengkel motor tidak begitu mengkhawatirkan jumlah pelanggan yang membutuhkan jasa bengkel.

Usaha bengkel motor Tri Jaya Tunggal ini didirikan pada pertengahan tahun 2008 yang beralamat di Jalan. Merdeka No.241 Palembang. Pada awalnya bengkel ini dijalankan sendiri oleh pemilik bengkel. Kemudian berkembang dan sekarang sudah memiliki 3 orang karyawan sebagai mekanik sepeda motor. Bagian administrasi dan logistik spare part masih dilaksanakan oleh pemilik bengkel.

Modal yang digunakan pada saat membuka bengkel motor ini sekitar 25 juta, dimana tempat yang digunakan untuk usaha bengkel ini merupakan tempat sendiri. Sehingga uang modal yang digunakan hanya untuk membeli perlengkapan bengkel dan spare part sepeda motor. Bangunan terdiri dari 2 lantai, lantai 1 digunakan untuk aktivitas bengkel dan lantai 2 merupakan tempat tinggal pemilik bengkel.

Visi dan Misi Bengkel Motor Tri Jaya Tunggal
Visi Perusahaan :
- Terbaik dalam pelayanan servis di bengkel
- Terkenal dalam menangani segala macam problem motor
- Terkemuka dan nomor satu di kota Palembang

Misi Perusahaan :
- Mewujudkan pelayanan servis yang profesional
- Mewujudkan keahlian mekanik dalam menangani masalah
- Mewujudkan ketepatan analisis dalam menentukan suatu kerusakan
- Mewujudkan daya tarik seluruh masyarakat ke bengkel ini

1 komentar: